Minggu, 04 April 2010

KALKULATOR BANGUN RUANG

BAB I
PENDAHULUAN


1.1 Latar Belakang Masalah
Di masa globalisasi seperti sekarang ini, banyak sekali perkembangan yang terjadi pada teknologi yang dapat mempermudah kegiatan manusia dalam segala hal. Salah satunya adalah pada bidang teknologi komunikasi yang dinilai paling cepat perkembangannya. Para perusahaan penyedia layanan komunikasi, menyediakan banyak teknologi guna mendukung hubungan komunikasi seperti telepon genggam (yang biasa disebut handphone), webcam, komputer, laptop dan masih banyak yang lainnya. Di dalam teknologi tersebut juga terdapat beberapa layanan tambahan. Selain berguna untuk alat komunikasi, teknologi tersebut juga menyediakan layanan untuk hiburan terutama pada teknologi telepon genggam (handphone).
Telepon genggam memiliki layanan yang dapat dibilang lengkap oleh para penggunanya. Selain untuk komunikasi, telepon genggam juga memiliki layanan hiburan seperti pemutar musik, layanan kamera, dan beberapa aplikasi tambahan (game dan aplikasi pendukung lainnya).
Dulu kepemilikan telepon genggam sangatlah minim, hanya orang dari kalangan menengah keatas yang dapat memiliki telepon genggam guna untuk memperlancar hubungan bisnis dengan rekan kerjanya. Tapi pada masa sekarang tidak hanya orang kalangan atas yang memiliki telepon genggam, tapi kalangan menengah kebawah pun juga memiliki telepon genggam. Salah satu golongannya adalah para pelajar. Setelah mengetahui fungsi telepon genggam di kalangan pelajar, mereka mengaku fungsi dari telepon genggam adalah sebagai alat komunikasi dan sarana hiburan. Hal tersebut dikarenakan adanya layanan hiburan seperti game dan media player (pemutar musik dan lain-lain). Seharusnya para penyedia layanan komunikasi juga harus mengimbangi layanan hiburan yang terdapat di dalam telepon genggam dengan layanan yang berbau pendidikan. Hal tersebut juga membantu para pelajar, mendapatkan sarana pendidikan disamping mendapatkan sarana hiburan juga.

1.2 Ruang Lingkup
Pada penulisan ilmiah ini, penulis membatasi masalah mengenai pembuatan aplikasi kalkulator untuk perhitungan bangun ruang dengan rumus – rumus tertentu dari bangun ruang yang sudah disediakan.

1.3 Tujuan Penelitian
Adapun tujuan dalam penulisan ini untuk membuat aplikasi kalkulator untuk perhitungan bangun ruang guna membantu para pelajar agar dapat lebih memahami dalam hal perhitungan. Dalam aplikasi ini, pengguna dapat memanfaatkan perhitungan dengan menggunakan kalkulator bangun ruang yang tersedia dengan cara yang mudah, sehingga dapat mengerti dengan cepat.

1.4 Metode Penelitian
Untuk melengkapi penulisan ini, penulis melakukan penelitian studi pustaka melalui internet dan perpustakaan guna mencari materi – materi yang dibutuhkan. Tapi sebelumnya, penulis juga melakukan peninjauan di kalangan pelajar tentang materi pelajaran sekolah dan kesulitan dalam perhitungannya.
Selain itu juga penulis dalam melaksanakan penelitian menggunakan laptop jenis Acer Aspire 4736Z dengan spesifikasi sebagai berikut:
- intel pentium® processor Dual Core T4400(2,2 GHz, 800 Mhz),
- memori internal 3 GB,
- hardisk 250 GB,
- VGA Mobile intel GMA 4500M Express chipset family 256 MB,
- operating system Genuine Windows XP SP2 dengan licence key: CRTGH-B68P2-XB6JC-44GCD-X9JHM,

1.4.1 Hardware
- 1 buah mouse,
- 1 buah printer Epson T11,
- 1 buah printer Epson TX111.
1.4.2 Software
- Java 2 Micro Edition (J2ME),
- J2ME Wireless Toolkit 2.5.2,
- Emulator dalam J2ME Wireless Toolkit,
- Microsoft office word 2007,
- Open office.org versi 3.0,
- Adobe reader,
- Word2PDF v3.0.
Pembuatan aplikasi dilakukan dalam beberapa tahap:
a. Pembuatan class KalbaruMidlet yang berfungsi sebagai folder dimana project Kalbaru disimpan.
b. Mengcompile class KalbaruMIDlet menggunakan Wireless Toolkit 2.5.2.
c. Mencoba aplikasi dengan emulator pada Wireless Toolkit 2.5.2

Tidak ada komentar:

Posting Komentar